Jika Smartphone Tercebur ke Dalam Air

Tidak ada komentar 47 views

Jika Smartphone Tercebur ke Dalam Air – Smartphone merupakan salah satu perangkat yang tidak bisa dipisahkan dari kehidupan masyarakat, hal ini dikarenakan perangkat ini telah bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal. Fungsi dari perangkat smartphone memang sangatlah beragam yang membuatnya sangat populer, smartphone bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi, bermain game, mencari informasi di dunia maya, bahkan hingga melakukan transaksi bisnis, apalagi saat ini smartphone telah dibekali dengan teknologi canggih.

Jika Smartphone Tercebur ke Dalam Air

Jika Smartphone Tercebur ke Dalam Air

Namun sama halnya dengan perangkat elektronik yang lainnya, smartphone juga memiliki beberapa kelemahan, salah satunya adalah mudah rusak jika terkena air. Apabila smartphone yang Anda miliki tercebur ke dalam air, tentu saja Anda akan menjadi panik karena khawatir jika perangkat tersebut mengalami kerusakan. Namun sebaiknya Anda tidak perlu panik, pasalnya smartphone yang tercebur ke dalam air masih bisa diselamatkan. Jika Anda mengalami kejadian buruk ini, maka pada kesempatan ini akan kami ulas beberapa langkah untuk mengatasinya.

Jika Smartphone Tercebur ke Dalam Air

  1. Tidak Menghidupkan Smartphone

Hal pertama yang harus Anda lakukan jika smartphone tercebur ke dalam air adalah dengan tidak mencoba untuk menghidupkannya. Banyak orang yang mencoba menghidupkan smartphone untuk memeriksa apakah perangkatnya tersebut dalam kondisi baik. Pasalnya jika Anda menghidupkan smartphone, hal tersebut dikhawatirkan justru akan menimbulkan korslet.

  1. Mencabut Baterai Smartphone

Langkah berikutnya yang harus dilakukan untuk mengatasi smartphone yang tercebur ke dalam air adalah dengan segera mencabut baterainya. Jika smartphone Anda masih dalam keadaan hidup, maka Anda tidak perlu mematikannya dengan menekan tombol power, namun langsung saja untuk mencabut baterainya, hal ini dilakukan untuk memutus arus listrik yang ada di dalam smartphone.

  1. Melepas kartu SIM dan Kartu Memori

Setelah mencabut baterai, Anda juga harus segera melepas kartu SIM dan juga kartu memori yang terpasang di smartphone. Meskipun pada umumnya kartu SIM tahan air, namun alangkah baiknya jika Anda tetap melepasnya untuk menghindari terjadinya kerusakan sehingga Anda tidak perlu harus repot mengurusnya di galeri. Selain itu Anda juga harus melepas kartu memori untuk menghindari kerusakan.

  1. Keringkan Dengan Tisu

Langkah keempat yang harus dilakukan untuk menyelamatkan smartphone yang tercebur ke dalam air adalah mengeringkannya menggunakan tisu ataupun kain yang bersih. Anda bisa mengelap beberapa bagian smartphone yang basah dengan tisu ataupun kain tersebut, Anda juga bisa mengelap bagian dalam smartphone, hanya saja lakukanlah dengan lembut agar tidak merusak komponen di dalamnya.

  1. Timbun di Dalam Beras

Setelah Anda mengelap smartphone menggunakan tisu atau kain bersih, maka selanjutnya Anda bisa menimbun smartphone tersebut menggunakan beras. Perlu Anda ketahui bahwa beras ternyata memiliki kandungan zat yang akan bisa membantu proses pengeringan smartphone, Anda bisa menimbun smartphone di dalam beras setidaknya selama satu hari atau 24 jam penuh.

Sebaiknya Anda tidak perlu panik jika smartphone tercebur ke dalam air, Anda bisa mengikuti beberapa langkah yang telah disebutkan di atas.

author