Tips Mengenali Aplikasi Android Yang Berbahaya

Tidak ada komentar 28 views

Masuknya virus ke android sebagian besar disebabkan oleh aplikasi. Aplikasi menjadi tempat virus menyamar secara optimal. Maka sebagian besar kasus android yang terkena virus dikarenakan penggunanya yang sembarangan menginstall aplikasi. Maka dari itu, penting sekali mengenali aplikasi-aplikasi yang berbahaya. dengan demikian, kita menjadi lebih waspada dan pada akhirnya tidak terjebak mengunduh aplikasi yang ternyata memiliki virus. Aplikasi berbahaya ini biasanya memiliki ciri khas tersendiri yang mudah dikenali.

Tips Mengenali Aplikasi Android Yang Berbahaya

Tips Mengenali Aplikasi Android Yang Berbahaya

Karena memiliki virus, aplikasi akan memerlukan permission yang tidak wajar pada saat proses penginstalan. Selain itu, anda bisa mengidentifikasinya dari jumlah pengguna, review pengguna sebelumnya serta cek dari mana dan siapa developer dari aplikasi tersebut. dengan mengenali aplikasi berbahaya, kita bisa lebih leluasa tanpa khawatir mengunduh berbagai aplikasi. Nah bagi yang penasaran apa saja tips selengkapnya, berikut ulasannya untuk tips mengenali aplikasi yang berbahaya.

Tips Mengenali Aplikasi Yang Berbahaya

  1. Membaca Review Pengguna

Ada baiknya sebelum menginstall aplikasi baca review dari para pengguna sebelumnya. Tidak masalah jika reviewnya kebanyakan positif. Namun perlu anda urungkan dan cari aplikasi lain jika review penggunanya tidak memuaskan. Atau jika ada pengguna yang menuliskan review aplikasi pembawa virus, maka segera urungkan niat anda untuk menginstall aplikasi tersebut.

  1. Cek Permission Sebelum Install

Cek permission terlebih dulu. Yakni dengan mengenali apa saja hal yang akan diakses aplikasi ketika diinstall. Jika pada saat proses tersebut aplikasi memerlukan akses ke password media sosial atau nomor ponsel, maka anda patut curiga. Bisa jadi aplikasi tersebut memiliki virus yang nantinya akan merusak ponsel dan mencuri data penting anda.

  1. Perhatikan Jumlah Pengguna

Jika jumlah pengguna aplikasi terasa sedikit padahal fungsi aplikasi yang dijanjikan sangat menarik, maka anda patut menaruh kecurigaan. Bisa jadi aplikasi yang sedang anda pasang memiliki virus di dalamnya. Walaupun tidak bisa dijadikan patokan sepenuhnya, namun hal tersebut tetap perlu diwaspadai.

  1. Aplikasi Bukan Dari Playstore

Biasanya aplikasi-aplikasi berbahaya muncul di platform selain Playstore. Minimnya proteksi membuat banyak virus yang mendompleng sebagai aplikasi. Hal ini akan membuat smartphone menjadi mudah terserang virus jika penggunanya kerap menginstall aplikasi dari sumber yang tidak terpercaya.

  1. Kenali Developer Aplikasi

Biasanya aplikasi yang berbahaya berasal dari pengembang yang tidak jelas kredibilitasnya. Sebelum memasang aplikasi tersebut, ada baiknya membaca review aplikasi dan kenali developernya terlebih dulu. Developer yang tidak jelas bisa kita kenali dengan membaca pula review dari para pengguna sebelumnya atau langsung mengeceknya di mesin pencarian untuk semakin meyakinkan anda.

Demikian beberapa cara mudah mengenali aplikasi yang berbahaya sehingga anda tetap waspada agar smartphone tidak mudah terjangkit virus. Semoga bermanfaat.

author